RSS
 

Pertemuan 1 SIM 1

Revolusi Sistem Informasi

Sistem adalah sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan.

Semua sistem meliputi tiga elemen utama: input, transformasi, dan output.

Subsistem adalah sistem di dalam suatu sistem. Ini berarti bahwa sistem berada pada lebih dari satu tingkat atau lebih dari satu bagian.

Klasifikasi Sistem :

Sistem Abstrak dan Fisik

  • —Sistem abstrak adalah suatu susunan teratur gagasan atau konsepsi yang saling tergantung. Contoh: sistem teologi adalah sebuah susunan gagasan mengenai Tuhan, manusia, dan sebagainya.
  • —Sistem fisik adalah sistem yang secara fisik dapat dilihat. Contoh: sistem komputer yaitu peralatan yang berfungsi bersama untuk menjalankan pengolahan komputer.

Sistem Deteministik dan Probalistik

  • —Sebuah sistem deterministik beroperasi dalam cara yang dapat diramalkan secara tepat. Contoh: program komputer yang melaksanakan secara tepat sesuai dengan rangkaian instruksinya (menginstal).
  • —Sistem probalistik dapat diuraikan dalam istilah perilaku yang mungkin, tetapi selalu ada sedikit kesalahan atas ramalan (hipotesa) terhadap jalannya sistem. Contoh: SPSS.

Sistem Tertutup dan Terbuka

  • Sistem tertutup adalah sistem yang tidak berhubungan dengan lingkungan dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan. Contoh: sebuah reaksi kimia di dalam sebuah tabung yang terisolasi.
  • Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dengan lingkungan dan dipengaruhi oleh lingkungan. Contoh: sistem pemanas, ia mendapatkan input-nya dari perusahaan listrik, dan menyediakan panasnya bagi gedung atau ruangan yang dipanasinya.

Download Materi1

Download Materi 2

 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*