RSS
 

Mobile-Bisnis dalam E-Bisnis

29 Apr

Bisnis Mobile

Mobile bisnismBusiness bisa dianggap sebagai bagian dari eBusiness di mana informasi tersedia independen
waktu dan lokasi dimanapun kita berada.

  • Menurut magic,2000,p.3 pengertian atau definisi dari mobile bisnis dapat di jelaskan sebagai berikut, perluasan dari tradisional e-bisnis ke perangkat lunak nirkabel. Misalnya : handphone,notebook,ipad, maupun PDA.
  • Sedangkan menurut kolakata dan robinson,2002,p.8 definisi m-bisnis yaitu m-bisnis sebagai aplikasi yang di butuhkan untuk mengelola segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis, penyajian informasi, jasa, dan komoditi-komoditi dengan menggunakan peralatan mobile.

Komunikasi Mobile

Kemungkinan komunikasi dari perangkat mobile dapat dibedakan menjadi jaringan besar (global), jaringan lokal, dan jaringan kecil. Global System for Mobile Communication (GSM) adalah jaringan yang awalnya dikembangkan untuk telepon selular. Namun, jaringan GSM sekarang menawarkan layanan lainnya juga. GSM dikembangkan oleh Groupe Special Mobile, sebuah divisi dari Sejarah Eropa Konferensi Pos dan Telekomunikasi Administrasi (CEPT). GSM didasarkan pada gelombang elektromagnetik. Frekuensi gelombang radio panjang gelombang
untuk data transmisi diukur dalam Hertz (siklus per detik), dalam memori dari Heinrich Hertz, pelopor teknologi ini. Segera setelah beberapa pemancar transmisi di frekuensi yang sama, gelombang ini tumpang tindih dan menghasilkan gangguan. Inilah sebabnya mengapa setiap
layanan harus diberi jangkauan, frekuensi unik tertentu. Alokasi ini  diatur secara terpisah di setiap negara. Meskipun ada standar tertentu (seperti Penerimaan UKW nirkabel dalam kisaran 87-107MHz), pengecualian dapat terjadi, tergantung pada negara.

Para penyedia Jaringan membuat frekuensi paket dengan ukuran yang sama, masing-masing berisi subset dari saluran, dan mengalokasikan berbeda frekuensi paket ke base station tetangga. Namun, ketika berkomunikasi, perangkat mobile dan penggunaan base station hanya saluran-saluran yang dialokasikan ke base station.  Satu masalah dengan pendekatan ini adalah otentikasi satu sisi. Sebuah perangkat mobile tidak tahu apakah itu berkomunikasi dengan GSM asli penyedia. Transmisi data dan koordinasi data bahasa dikodekan menjadi GSM jaringan untuk menjamin kerahasiaan data. setiap ponsel pengguna memiliki apa yang disebut modul identitas pelanggan (SIM). Kartu ini harus dimasukkan ke perangkat mobile. Di atasnya adalah kunci rahasia yang diperlukan untuk otentikasi dan pengkodean data. Kunci rahasia tidak dapat memilih.

Download Materi

 

Leave a Reply

 
*